Rabu, 26 November 2014

Pembangkit Listrik Sederhana Energi Kimia (Jeruk Nipis)


Jeruk Nipis
Jeruk nipis merupakan salah satu jenis sitrus jeruk. Jeruk nipis merupakan jenis tanaman ferdu yang memiliki banyak dahan dan ranting. Jeruk nipis mempunyai rasa pahit, asam, dan sedikit dingin. Tanaman ini umumnya menyukai tempat – tempat yang dapat memperoleh sinar matahari langsung. Jeruk nipis memiliki banyak sekali kandungan unsur – unsur kimia, antara lain :
·      Asam Sitrat
·      Asam Amino
·      Minyak Atsiri
·      Damar
·      Glikosida
·      Asam Sitrun
·      Lemak 0,1 g
·      Kalsium 40 mg
·      Fosfor 22 mg
·      Besi 0,6 mg
·      Belerang
·      Vit B1 0,04 mg
·      Vit C 27 mg
·      Proein 0,8 g
·      Air 86 g
Baterai Jeruk Nipis Sebagai Sel Volta
Baterai jeruk nipis merupakan sel volta, karena kandungan kimianya dapat berubah menjadi energy listrik. Hal itu dapat ditentukan dengan anoda dan katoda dalam jeruk tersebut. Anoda yang berupa uang logam ditancapkan pada pangkal sebelah kiri jeruk nipis, sedangkan katoda berupa paku yang ditancapkan pada pangkal sebelah kanan jeruk tersebut. Selain itu untuk menghubungkan anoda dan katoda pada jeruk satu ke jeruk lainnya, maka dibutuhkan kabel yang sudah dilillitkan penjepit buaya.

Hasil Produk Serta Pengemasan

Perawatan Produk

Untuk pemeliharaan lingkungan : Bersosialisasi kepada masyarakat bahwa buah jeruk nipis banyak bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, salah satunya untuk pembangkit energi sederhana. Untuk dapat menghasilkan energi yang maksimal maka kita butuhkan kandungan jeruk nipis yang segar, sehat dan tanpa penyakit. Semakin baik kondisi jeruk nipis maka akan baik pula kandungan kimianya.
Untuk pemeliharaan peralatan : Dalam pemeliharaannya sangat mudah, yaitu apabila kotor atau berdebu maka dapat dibersihkan dengan lap kering atau tissue. Tetapi dikarenakan energi yang berasal dari buah jeruk, maka tidak salah kalau terjadi pembusukan. Maka waktu maksimal dapat menikmati hasil energinya maksimal selama 3 hari.


Dari Kelompok mereka saya hanya bisa menyimpulkan "Pengemasan serta Kandungan Jeruk Nipis Yang Bisa Menghasilkan Energi Listrik" saja karna mereka tidak menjelaskan produk yang dijual serta asal usul dari materi yang dijelaskan , maaf dan sekian terimakasih ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar